Halo !!! Saya BOBIBE ( Bukan Nama Sebenarnya ), disini saya akan menulis tentang saya, kegiatan, dan banyak hal yang saya sukai

Penggunaan Pintu Lipat Bisa Menjadi Solusi Jitu Membagi Ruangan

Pintu Lipat Ruangan Hotel

Oh... ternyata dinding nya bisa dilipat dan disimpan alias menggunakan pintu lipat

kedengeran nya emang rada katro sih ( hahaha ) tapi, faktanya memang seperti itu, awalnya saya bener-bener nga tahu kalau ternyata sebagian besar dinding di hotel terutama ballroom, menggunakan partisi ruangan yang bisa dilipat dan digeser. alih-alih menggunakan dinding permanen, penggunaan partisi untuk membagi ruangan, merupakan solusi yang tepat untuk membagi ruangan besar menjadi bagian yang lebih kecil, harapan nya agar dikemudian hari, jika membutuhkan ruangan yang lebih besar, tinggal di buka aja partisi ruang nya. simsalabim.... ruang yang lebih luas didapatkan.

berawal ketika saya mengikuti sebuah seminar tentang "Bagaimana cara import barang dari china" pada sebuah hotel baru di Kota Palembang, entah kenapa panitia seminar tersebut, memutuskan untuk mempergunakan ruang hotel yang baru sekitar dua bulan rampung pengerjaan nya, mungkin harga sewa ruangan nya masih murah barangkali ya, xixixixi...

dalam seminar tersebut, para peserta dikumpulkan dalam ruangan yang tidak begitu besar, namun ada yang menarik perhatian saya, sebelum memasuki ruangan seminar, saya terlebih dahulu melewati 3 pintu yang tidak terbuka. Banner petunjuk seminar, mengarahkan saya menuju ruang yang berada di ujung lorong,

Pintu Lipat Ruangan Hotel

kira-kira layout nya seperti gambar diatas, terdapat 4 ruangan yang dipisahkan dengan sekat-sekat, desain nya bener-bener matching dengan ruangan jadi, bener-bener nga ketara, kalau sebenernya itu merupakan sebuah partisi yang membagi ruang satu dan lainnya, dan ini bener-bener mantep banget. jadi... kalau semisalnya ada yang memesan ruangan yang lebih besar, untuk kebutuhan rapat kantor misalnya, atau seminar yang dapat menampung lebih banyak peserta, pihak hotel tinggal ngebuka aja penyekatnya, maka... langsung dengan mudah mendapatkan ruangan yang lebih besar. cakep bener...

Pintu Lipat Kantor

Pintu Lipat Penyekat Ruangan Kantor

nah... ternyata, nga cuma hotel yang mempergunakan penyekat ruangan serupa ini, sekat ruang seperti ini juga pernah saya jumpai di kantor-kantor. penggunaan sekat ruangan juga dapat menjadi solusi yang tepat, untuk kantor yang tidak memiliki space yang luas. Ketimbang mempergunakan dinding permanen, untuk memisahkan ruang rapat dan ruangan lain misalnya, kebayang begitu banyak nilai lebih nya kalau mempergunakan sekat ruangan yang portable, misalnya gini... kalau perusahaan / kantor tersebut mau ngadain event, secara otomatis kan membutuhkan ruangan yang lumayan besar, nah... sekat ini tinggal dibuka aja, ruangan lebih besar untuk event dapat dengan mudah didapatkan.

lalu andaikan, perusahaan tersebut, kelak pindah ke tempat yang lebih besar misalnya, maka.... itu sekat bisa dibawa sekalian, perusahaan nga ngeluarin budget lagi, buat membentuk ruangan, karna sekat yang sebelumnya digunakan, dapat dipindahkan dan dipergunakan kembali. taram.... bisa menghemat anggaran perusahaan bukan ?

hem... saya saat ini lagi ngebayangi, bagaimana prinsip cerdas pintu lipat yang sudah saya lihat di hotel-hotel dan juga di kantor-kantor ini, dapat saya aplikasikan ke sebuah rumah, tujuan nya gini, biasanya kan... dalam waktu tertentu, kita mengadakan hajatan, entah itu yasinan, nikahan, atau acara keluarga lainnya, yang notabene membutuhkan ruangan yang lumayan besar, buat ngumpulin keluarga / tetangga dalam satu ruangan.

asiknya... pada mode sehari-hari bentuk rumah normal seperti biasa, ada ruang tamu, dan ruang keluarga, namun... saat sedang akan mengadakan acara, dengan mudah kita mendapatkan ruangan yang lebih besar, asik ya... multifungsi banget. semoga bisa terwujud kedepan nya, membuat rumah dengan mempergunakan pintu lipat / partisi seperti ini.